Di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Widyatama Melaksanakan Program Pelatihan PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) Untuk Meningkatkan Kompetensi Dosen.

Dosen merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan sebagai penentu kualitas mahasiswa. Maka dari itu, peningkatan kompetensi dan keterampilan Dosen harus dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti Program Pelatihan PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional).

Merujuk Permenristekdikti N0. 44 tahun 2015 tentang standar pendidikan tinggi, standar proses memberi tekanan bahwa pengelolaan perkuliahan pada Student Centered Learning.? Program Pelatihan PEKERTI akan membekali pengetahuan dan keterampilan Dosen dalam mengimplementasikan Permenristekdikti tersebut. Sehubungan dengan hal ini, Pusat Pengembangan Akademik dan Pembelajaran (PPAP) dan Biro Administrasi & Kepegawaian Universitas Widyatama memfasilitasi Pelatihan Program PEKERTI bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah IV dan PPL Universitas Pendidikan Indonesia yang diselenggarakan secara daring selama lima hari melalui Zoom Meeting pada tanggal 20 ? 24 April 2021 pukul 08.00 ? 17.00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 60 Dosen.

Sambutan dan Pembukaan Program Pelatihan PEKERTI oleh Rektor Universitas Widyatama, Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si. serta ?Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA.

Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si. mengungkapkan bahwa Pelatihan PEKERTI merupakan kesempatan yang baik bagi para dosen baru untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam perkuliahan walaupun masih bersifat dasar. Pembekalan bagi dosen baru untuk meningkatkan profesionalisme dengan membekali pengetahuan pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik sebagai bekal untuk proses belajar mengajar di kelas, serta tuntutan paradigma baru perguruan tinggi di era jaman globalisasi dimana Pendidikan Tinggi dihadapkan pada persaingan global, sehingga perguruan tinggi penyelenggara pendidikan harus bermutu.

 

Tags: , , ,