Pusat Pengembangan Akademik dan Pembelajaran (PPAP) mengadakan rapat koordinasi persiapan perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Perkuliahan Bersama Pembentuk Karakter Widyatama (PBPKW). Rapat tersebut diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2022 secara daring melalui Google Meeting. Rapat dibuka oleh Ketua PPAP (Dr. Deden Novan Setiawan Nugraha, S.S., M.Hum), yang menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras seluruh Dosen pengampu Perkuliahan Bersama Pembentuk Karakter Widyatama (PBPKW). Selain itu, Kepala Sub Bagian Monitoring & Evaluasi Pembelajaran PPAP (Reva Yuliani, S.E., M.M.) menjelaskan mengenai Surat Edaran dari Biro Akademik Nomor: 272/BA-UTAMA/II/2022 tentang:

  1. Kegiatan perkuliahan Regular A dan B Semester Genap TA 2021/2022 akan dimulai tanggal 21 Februari – 25 Juni 2022 secara tatap muka/offline dan online/daring sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.

  2. Jadwal perkuliahan dapat dilihat diportal masing-masing dengan alamat website: https://utama.widyatama.ac.id/ pada tanggal 19 Februari 2022.

  3. Sehubungan dengan kondisi Covid-19 terkini, Perkuliahan tatap muka/offline diundur ke pertemuan 4 atau menunggu informasi selanjutnya, pertemuan ke-1 sampai dengan ke-3 dilakukan secara online.

  4. Perkuliahan tatap muka/offline wajib hadir sesuai dengan jadwal dan ruang yang tertera dalam portal, karena sudah diatur untuk memaksimalkan penerapan Protokol Satgas Covid Universitas.

  5. Dosen wajib selalu menjaga protokol kesehatan pada saat memasuki area kampus, dengan pemeriksaan suhu tubuh dan melakukan scan barcode peduli lindungi dan diharapkan tidak menimbulkan kerumuman, dan selalu menghimbau mahasiswa di tiap awal pertemuan perkuliahan untuk senantiasa menjaga prokes selama berada dikampus.

  6. Jika adanya instruksi pemerintah atau pimpinan untuk meniadakan kembali perkuliahan tatap muka, maka sisa perkuliahan dilakukan secara online.

  7. Perkuliahan online dapat diakses melalui situs website http://kuliahonline.widyatama.ac.id/ atau langsung ke laman http://genap.widyatama.ac.id/

  8. Teknik Administrasi perkuliahan tatap muka/offline dan online :

  1. Kami menyediakan list data mahasiswa sebagai acuan untuk perkuliahan tatap muka yang kami sediakan di ruang dosen LB, dosen tetap mengisi absen mahasiswa tatap muka dalam presensi kehadiran dalam SIAKAD.

  2. Pengisisan berita acara perkuliahan atau realisasi wajib diisi oleh dosen masing-masing baik perkuliahan yang tatap muka/offline ataupun online. Pengisisan realisasi dan absensi tersebut secara otomatis terekam sebagai kehadiran dosen per pertemuan.

c. Pengisian absensi dan realisasi dalam SIAKAD dilakukan maksimal satu minggu, dosen dianggap hadir jika telah mengisi absensi mahasiswa dan realisasi.

d. Untuk perkuliahan tatap muka/offline, apabila dalam pelaksanaan perkuliahan dosen berhalangan untuk hadir maka dilakukan pengganti perkuliahan tatap muka dengan mengisi formulir pengganti kepada petugas di ruang LB untuk mengetahui ketersediaan ruangan.

e. Untuk perkuliahan online, apabila pelaksanaan perkuliahan dosen berhalangan untuk hadir tidak perlu mengisi formulir pengganti kepada petugas di ruang LB mengikuti kesepakatan dengan mahasiswa dengan hari yang tidak bentrok.

f. Dikarenakan masa pengisian realiasasi dan absensi mahasiswa maksimal satu minggu, maka usahakan pengganti perkuliahan dapat dilakukan diminggu yang sama.