15.1. Kesempatan UPK diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat:

a) Sedang menyusun Laporan Tugas Akhir/Tugas Akhir, minimal Bab 1 sudah disetujui oleh pembimbing, pernah mengikuti perkuliahan mata kuliah tersebut.

b) Sudah menempuh semua mata kuliah dan diberi kesempatan untuk memperbaiki maksimal 6 sks hanya untuk nilai D, nilai tertinggi dalam Ujian Perbaikan Khusus adalah C.

15.2. Ujian Perbaikan Khusus (UPK) diselenggarakan satu bulan dua kali setiap tanggal 15 dan tanggal 30 (kecuali Februari tanggal 28 atau 29) jam 08.00 sd selesai di Kampus Universitas.

15.3. Apabila tanggal tersebut jatuh hari libur, pelaksanaan ujian diundurkan pada hari kerja berikutnya.

15.4. Waktu pendaftaran dan penyelenggaraan:

a) Pendaftaran: setiap tanggal 1 s.d. 10 (untuk tanggal 15) dan 15 s.d. 25 (untuk tanggal 30). Jika tanggal pendaftaran jatuh pada hari libur, maka diganti pada hari kerja berikutnya di Biro Administrasi Akademik (BAA).

b) Penyelenggaraan: satu bulan dua kali.

c) Surat pengantar ke dosen penguji diambil setiap tanggal 15 dan 30 Jika tanggal pengambilan jatuh pada Sabtu atau hari libur, maka surat pengantar ke dosen penguji diambil pada hari kerja berikutnya

d) Tidak ada layanan surat pengantar UPK ke dosen penguji di luar tanggal tersebut.

15.5. Syarat-syarat pendaftaran:

a) Fotokopi kuitansi pembayaran registrasi.

b) Transkrip akademik terakhir yang sudah dicek/diverifikasi oleh Bagian LDE Akademik.

c) Fotokopi Kemajuan Bimbingan laporan tugas akhir/Tugas Akhir (asli diperlihatkan).

d) Bukti pembayaran UPK (warna merah)

15.6. UPK yang ditempuh dapat diulang sebanyak-banyaknya 3 kali, jika setelah mengulang 3 kali UPK dengan matakuliah yang sama masih belum lulus, maka mahasiswa wajib menempuh mata kuliah tersebut pada perkuliahan reguler.

15.7. Prosedur Perolehan Layanan UPK:

(1) Membayar biaya ujian perbaikan khusus (UPK) di Bank yang ditunjuk oleh Universitas Widyatama.

(2) Mengisi permohonan Ujian Perbaikan Khusus (UPK) dengan melampirkan:

a) Fotokopi kemajuan Bimbingan Tugas Akhir/TA.

b) Fotokopi kuitansi registrasi semester yang sedang berjalan.

c) Transkrip akademik terakhir yang sudah dicek/diverifikasi oleh Bagian LDE Akademik.

(3) Menyerahkan formulir beserta kelengkapannya kepada petugas Sekretariat Layanan Administrasi Akademik.

(4) Menerima bukti pendaftaran UPK.

(5) Mengikuti UPK sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Buku Panduan Akademik