5.1. Untuk ketertiban administrasi pendidikan setiap semester, setiap mahasiswa tanpa kecuali, wajib melakukan registrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menyusun rencana studi pada waktu yang ditentukan.

5.2. Registrasi mencakup 2 aspek , yaitu :

  • Registrasi administratif : Registrasi administratif menyangkut pemenuhan kewajiban membayar biaya yang ditentukan, baik biaya SKS maupun biaya sumbangan pembangunan
  • Registrasi akademik : Registrasi akademik menyangkut pengisian FRS dan perwalian

5.3. Registrasi mahasiswa baru dilakukan menurut tata cara Pendaftaran Ulang/Registrasi yang telah ditentukan dalam Buku Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru.

5.4. Setiap mahasiswa lama wajib melakukan registrasi dan menyusun rencana studi pada waktu yang telah ditentukan (sesuai kalender akademik).

5.5. Bagi mahasiswa yang berhalangan, registrasi (terutama yang menyangkut perwalian) dapat dilakukan dengan diwakilkan kepada orang lain dengan menyertakan Surat Kuasa dan mencantumkan alasannya.

5.6. Mahasiswa dapat melakukan registrasi pada suatu semester apabila :

(1) Telah memenuhi kewajiban administratif/keuangan sebelumnya,

(2) Telah membayar biaya pendidikan minimum yang ditentukan (lihat ketentuan pembayaran biaya studi).

5.7. Sanksi tidak melakukan registrasi:

(1) Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi dan menyusun rencana studi tepat pada waktunya, diwajibkan mengajukan cuti akademik, dan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik apapun.

(2) Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi dan tidak menyatakan mengambil cuti selama 2 (dua) semester berturut-turut dianggap mengundurkan diri/keluar dari Universitas Widyatama.

(3) Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi hanya satu semester atau 2 (dua) semester tidak berturut-turut masih berhak melanjutkan kuliah di Universitas Widyatama setelah menyelesaikan kewajiban adminsitratif yang berlaku.

(4) Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi lebih dari 2 (dua) semester berturut-turut maupun tidak berturut-turut tidak berhak untuk melanjutkan kuliah di Universitas Widyatama.

(5) Waktu selama tidak melakukan registrasi diperhitungkan ke dalam batas waktu studi.

5.8. Ketentuan teknis yang berisi prosedur dan tatacata pelaksanaan registrasi diumumkan oleh Kepala Biro Administrasi Akademik pada waktunya (setiap semester) melalui website : www.akademik.widyatama.ac.id

 

Buku Panduan Akademik