12.1. Mahasiswa yang berhak mengikuti perkuliahan adalah mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta perkuliahan pada tahun akademik yang sedang berjalan (semester berjalan).

12.2. Dalam mengikuti perkuliahan:

(1) Mahasiswa wajib berpakaian rapi dan sopan dengan cara:

Bagi mahasiswa pria memakai kemeja dan sepatu (bukan kaos oblong, sandal, bukan celana pendek, sepatu sandal atau sepatu yang dijadikan sandal).

Bagi mahasiswa wanita tidak diperkenankan memakai rok mini atau celana pendek.

(2) Sudah berada dalam ruang kuliah pada saat Dosen memasuki ruangan.

(3) Bagi mahasiswa yang bertopi, membuka topi ketika memasuki dan/atau berada dalam ruangan.

12.3. Mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan dan kepada Dosen diberikan wewenang untuk tidak mengizinkan mahasiswa mengikuti perkuliahan, apabila mahasiswa :

Tidak menaati tata tertib yang telah ditentukan.

Tidak tercantum di absen mahasiswa atau mahasiswa yg melakukan PFRS dan tidak tercantum di absen mahasiswa hanya tercantum di jadwal individu mahasiswa.

Datang terlambat 15 menit setelah jadwal perkuliahan dimulai.

12.4. Apabila pada waktunya Dosen belum hadir, mahasiswa dapat menunggu dengan tertib selama-lamanya 15 (lima belas) menit. Andaikata setelah 15 menit Dosen belum juga datang (Dosen datang lebih dari 15 menit) mahasiswa dapat memilih alternatif:

Mahasiswa membubarkan diri secara tertib, atau

Mahasiswa berunding dengan Dosen untuk melanjutkan perkuliahan (untuk membicarakan penyelenggaraan kuliah pengganti).

12.5. Selama perkuliahan berlangsung, mahasiswa:

(1) Wajib memelihara kebersihan dan ketertiban dalam ruangan.

(2) Tidak diperkenankan merokok, makan dan minum dalam ruangan.

(3) Tidak diperkenankan bercakap-cakap atau melakukan perbuatan-perbuatan lain yang dapat mengganggu ketertiban perkuliahan.

(4) Tidak diperkenankan berpindah-pindah tempat duduk dan/atau berjalan-jalan dalam ruangan.

(5) Tidak diperkenankan meninggalkan atau keluar dari ruangan tanpa izin Dosen.

12.6. Pada saat perkuliahan berakhir, mahasiswa dapat meninggalkan ruang kuliah setelah diizinkan oleh Dosen.

12.7. Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan dicatat oleh Dosen. Apabila Dosen mengedarkan daftar hadir mahasiswa untuk ditandatangani/diparaf oleh mahasiswa, mahasiswa membubuhkan paraf untuk dirinya sendiri, tidak boleh membubuhkan paraf mahasiswa lain.

12.8. Sehubungan dengan butir 12.7. di atas diserukan kepada semua mahasiswa agar mengikuti setiap perkuliahan secara teratur sesuai dengan jadwal kuliah. Kehadiran dalam kuliah dapat merupakan salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir semester.

12.9. Mahasiswa yang tidak mentaati ketentuan tata tertib ini akan dikenakan sanksi akademik administratif, mulai dari peringatan tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya untuk beberapa waktu lamanya (diskors) sampai dengan dikeluarkan dari Universitas Widyatama.

12.10. Bagi mahasiswa yang ada kegiatan UKM/tugas mewakili Universitas Widyatama pada kegiatan di luar kampus diberikan izin/rekomendasi oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan disampaikan kepada para dosen pengampu mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa yang bersangkutan.

 

Buku Panduan Akademik