23.1. Mahasiswa dinyatakan telah menyelesaikan program apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

(1) Lulus seluruh mata kuliah yang diwajibkan menurut kurikulum yang berlaku.

(2) IPK>2,00(disarankanminimum2,75).

(3) Menyelesaikantugas-tugas dengan baik seperti kerja praktek dan Tugas Akhir

(4) LulusujianTugas Akhir Komprehensif/TugasAkhir.

(5) Mencapai skor English ProficiencyTest (EPT) 450 untuk mahasiswa dari semua program studi, kecuali untuk mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris EPT diharuskan 500.

(6) Nilai-nilai mata kuliah yang sudah ditempuh, adalah nilai final ketika mahasiswa mendaftar ujian Tugas Akhir Komprehensif/Tugas Akhir. Nilai-nilai tersebut tidak dimungkinkan diubah/diperbaiki setelah mahasiswa lulus UjianTugas Akhir

23.2. Predikat Lulus UjianTugas Akhir Komprehensif/TugasAkhir.

(1) Mahasiswa dinyatakan lulus Ujian Tugas Akhir Komprehensif/TugasAkhir apabila diperoleh nilai sekurang-kurangnya C.

(2) Kelulusan Tugas Akhir hanya dapat diberikan dan diumumkan setelah Tugas Akhir dinyatakan diterima penuh (unconditional) tanpa ada lagi kewajiban perbaikan

(3) Bagi mahasiswa yang setelah sidang tugas akhir, masih diwajibkan perbaikan Tugas Akhir, tidak dibenarkan untuk memberikan dan mengumumkan nilai yudisium mahasiswa yang bersangkutan sampai perbaikan dilakukan.

(4) Penyetaraan nilai dari angka mutlak ke dalam huruf mutu untuk hasil Ujian Tugas Akhir Komprehensif/Tugas Akhir, ditentukan oleh Program Studi masing-masing.

23.3. Yudisium.

(1) Sebutan yudisium bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan program Sarjana (S1) maupun program Diploma (D4/D3) ditentukan berdasarkan prestasi yang dicapai dari keseluruhan program yang tertuang dalam kurikulum, yaitu meliputi seluruh mata kuliah yang wajib diikuti dan ujian Tugas Akhir Komprehensif/TugasAkhir/ProyekAkhir.

(2) Sebutan yudisium tersebut di atas adalah :

223 Yudisium

(3) Predikat kelulusan dengan pujian ditentukan juga dengan memperhatikan masa studi maksimum yaitu tahun (masa studi minimum) ditambah 1 tahun untuk program studi sarjana. (Sumber : SK. Mendiknas RI. No.232/U/2000 pasal 15, tanggal 20 Desember 2002.)

Buku Panduan Akademik