2.1. Dalam menempuh program pendidikannya seorang mahasiswa menyelesaikan beban studi yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS).

2.2. Satu SKS kegiatan kuliah setara dengan:

(1) 50 menit kegiatan tatap muka yang diselenggarakanberdasarkan susunan materi yang terstruktur danpenyampaian/pembahasanyangterjadwal.

(2) 50 menit kegiatan akademik terstruktur yang diselenggarakan sebagai salah satu pelengkap kegiatan tatap muka berdasarkan materi yang terstruktur dalam bentuk tugas-tugas dan sebagainya.

(3) 50 menit kegiatan akademik mandiri yang diselenggarakan oleh mahasiswa sendiri. Kegiatan ini memerlukan kesadaran dan disiplin pribadi mahasiswa yang bersangkutan mengingat materinya tidak terstruktur dan terjadwal.

2.3. Satu SKS kegiatan praktikum/laboratorium atau yang sejenis setara dengan :

(1) 100 menit kegiatan tatap muka untuk 1 SKS.

(2) 50 menit kegiatan akademik terstruktur.

(3) 50 menit kegiatan akademik mandiri.

2.4. Satu SKS kegiatan praktik lapangan setara dengan:

(1) 50 menit kegiatan praktik lapangan.

(2) 50 menit kegiatan akademik terstruktur.

(3) 50 menit kegiatan akademik mandiri.

2.5. Besarnya beban studi kumulatif yang diperlukan untuk menyelesaikan program pendidikan disebar kedalam beberapa semester dengan lama studi kumulatif: untuk strata1(S1) dan D4 antara 8-14 semester, untuk Program D3 lama studi 6-8 semester.

2.6. Besarnya beban studi kumulatif yang diperlukan untuk menyelesaikan program studi D3 adalah 120 SKS, sedangkan untuk jenjang D4 dan S1 adalah minimum 144 SKS.

 

Buku Panduan Akademik